Manfaat Makanan Bagi Tubuh Kita di Saat Berbuka

assalamualaikum..
 alhamdullillah ya udah masuk bulan ramadhan aja, semoga kita selalu di berikan rahmat oleh Allah SWT yaaa~ nah dalam mumpung masih bulan Ramadhan saya mau memposting sebuah essay atau artikel yaa (?) ahh entahlah, yahh cuma berharap semoga apa yang saya tulis bermanfaat dahh~
enjoy read it!


Manfaat Makanan Manis Bagi Tubuh Kita di Saat Berbuka

  Sekarang kita telah berada di penghujung bulan Sya’ban dan tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh dengan kemuliaan dan bulan yang Allah berikan keistimewaan diantara dua belas bulan yang lainnya yaitu bulan Ramadhan. Dimana di bulan ini semua amal kebaikan yang kita perbuat di bulan lainnya akan dilipat gandakan oleh Allah. Diantara semua amalan yang akan dilipat gandakan Allah pada bulan Ramadhan adalah puasa. Ya, puasa pada bulan Ramadhan memang di wajibkan oleh Allah bagi setiap umat muslim yang mampu melaksanakannya, bagi yang tidak mampu melaksanakannya diperkenankan tidak berpuasa tetapi untuk tidak berpuasa seseorang harus memenuhi beberapa syarat yaitu orang tersebut sudah uzur maka wajib bagi mereka untuk membayar fidyah sebagai pengganti puasa bagi mereka, musafir juga diperbolehkan untuk tidak berpuasa karena bisa jadi dengan berpuasa kesehatan mereka akan terganggu dan masih banyak lagi syarat seseorang diperbolehkan untuk tidak berpuasa.
   Jika kita tidak sedang berhalangan melaksanakan puasa wajib hukumnya kita menjalankan puasa. Untuk makanan yang manis dan baik dikonsumsi sewaktu berbuka puasa adalah seperti yang disunahkan oleh Rasulullah SAW, yaitu “Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci.” Ada beberapa alasan mengapa kita di sunahkan untuk berbuka puasa dengan makanan manis diantaranya makanan manis dapat mengembalikan energi yang kita pakai selama beraktifitas di pagi hari dan siang hari selain itu makanan manis juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita. Selama berpuasa sehari penuh, kebutuhan energi diambil dari cadangan glikogen dan lemak. Pada siang hari lemak terus-menerus mengalami perombakan sehingga alat-alat tubuh yang dilapisi lemak dapat bernapas dengan lega dan timbunan lemak yang berbahaya dapat digunakan dan tergeser. Berikutnya, pada malam hari kita makan. Di sinilah terjadi lagi penyimpanan zat-zat energi. Seandainya perombakan dan penyimpanan ini terjadi sebulan penuh, tentunya akan terjadi proses penggantian yang terus-menerus. Dan hasilnya akan terjadi peremajaan sel. Untuk bagian otak, lain lagi. Kita tahu, otak terdiri dari jaringan lipid atau lemak. Dan lemak di otot berbeda dengan lemak di otak. Bila jaringan lemak di otak ini juga ikut terkuras, maka terjadi kerusakan pada jaringan otak. Energi untuk otak semuanya berasal dari zat gula.
    Selama berpuasa zat gula ini datang dari hati. Dan kalau cadangan zat gula di hati habis, hati mencoba mengolah zat-zat lain menjadi zat gula untuk otak. Disunahkan agar sebelum berbuka puasa kita sebaiknya makan buah-buahan seperti kurma atau buah-buahan yang mengandung rasa manis lainnya selain itu kita juga bisa mengonsumsi minuman yang manis  karena makanan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman.
Makanan atau minuman manis adalah sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Sehingga makanan manis berperan dalam mengembalikan energi dan stamina tubuh yang telah hilang dengan cepat pula. Selain itu rasa manis mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Rasa lemas saat berpuasa biasanya terjadi karena turunnya kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula ini kemudian membantu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh kembali normal.

   Ada banyak makanan yang dianjurkan sebagai menu untuk berbuka puasa, tetapi salah satu yang paling utama adalah buah kurma. Dari zaman Rasulullah buah kurma sudah dikenal memiliki banyak khasiat bagi tubuh sebagai sumber energi. Hal ini disebabkan karena kurma mengandung Glukosa yang sangat tinggi oleh karena itu kurma sangat cocok dikonsumsi pada saat kita berbuka puasa sebagai pengganti kalori yang berkurang selama seharian penuh puasa. Kurma juga dapat melancarkan metanolisme tubuh karena kandungan gula,lemak dan,vitaminnya sangat bermanfaat bagi kelancaran metabolisme. Dan juga cocok bagi para orang yang sedang diet.
   Menurut sumber yang saya baca ternyata setiap 100 gram biji kurma mengandung sekitar 34 mg magnesium dan juga zat gizi niasin 2,2 mg yang berfungsi membantu pelepasan energi dari makanan dan menjaga supaya pencernaan dalam tubuh tetap terjaga sedangkan zat niasin berfungsi mencegah dan melawan penyakit jantung. Bagi para penderita penyakit maag ternyata buah ini sangat bermanfaat dan sebaiknya kita mengkonsumsinya saat sahur dan berbuka puasa.
    Selain kurma, madu juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita setelah seharian berpuasa karena madu dapat meningkatkan stamina serta mempertahankan stabilitas tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain itu madu juga dapat melancarkan proses metabolisme yang ada di dalam tubuh kita sama seperti kurma, madu juga dapat mencegah gangguan pencernaan.
    Masih banyak lagi contoh makanan manis yang baik untuk dimakan saaat berbuka tetapi sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang berpemanis alami seperti makanan yang telah dicontohkan diatas. Tetapi ada hal yang perlu kita ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak akan mendatangkan kebaikan begitu pula dengan mengonsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan,  Karena tujuannya untuk mengembalikan energi, konsumsilah makanan dan minuman manis secukupnya. Jangan sampai terlalu kenyang dan berlebihan. Karena hal tersebut juga tidak baik bagi kesehatan dan bisa memicu kegemukan. Semoga kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita saat menjalankan ibadah puasa. Dan pilihlah makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga puasa kita kali ini lancar dan mendapatkan berkah yang luar biasa dari Allah.

   
    


0 komentar:

Posting Komentar

About this blog