persiapan di bulan ramadhan


assalamualaikum ^^
udah lama nih gak nge- post udah berbulan-bulan yang lalu blog ini gak keisi dan udah berdebu banget kayaknyaaa~ oh iya dalam rangka memenuhi tugas sekolah saya mau nge-post artikel yang berkaitan dengan bulan puasa. ok langsung aja deh enjoy read this text yoo~
 

Persiapan di bulan Ramadhan

   Tidak terasa sebentar lagi bulan yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim akan tiba, yaitu bulan Ramadhan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Pada bulan ini semua amal baik yang dilakukan manusia akan dilipat gandakan, pintu neraka akan ditutup serapat-rapatnya dan setan-setan yang menimbulkan perbuatan buruk bagi manusia akan dikurung di dalam neraka sehingga selama bulan Ramadhan mereka tidak dapat menggoda manusia untuk melakukan hal-hal yang buruk.
   Oleh karena itu kita sebagai manusia harus mensyukuri kesempatan yang telah diberikan oleh Allah SWT untuk melakukan hal-hal yang baik di bulan Ramadhan. Untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan ada beberapa persiapan yang dapat kita lakukan agar nikmatnya bulan Ramadhan semakin terasa, yaitu:     
Pertama, berdoa kepada Allah agar menyampaikan umur kita kepada bulan yang mulia ini dalam kondisi sehat wal ‘afiat. Sehingga ia bisa mengisi Ramadhan dengan puasa, qiyam, zikir, tilawah, dan amal-amal shaleh lainnya dengan maksimal.
Kedua,  menjaga tali silaturahmi antar sesama umat muslim sehingga dapat terhindar dari pertikaian dan permusuhan yang melemahkan solidaritas antara sesama umat muslim. Jika umat muslim lemah maka kita akan mudah dipengaruhi oleh pengaruh luar yang mengakibatkan kehancuran bagi umat muslim itu sendiri.
Ketiga, mempersiapkan diri dalam memasuki bulan Ramadhan dengan cara mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan bulan Ramadhan misalnya, berpuasa di bulan Sya’ban agar terbiasa dalam menjalankan puasa di bulan Ramadhan.
Keempat, memperhatikan amal-amal wajib yang bisa kita lakukan sehari-hari seperti shalat lima waktu karena amal-amal baik yang kita lakukan selama bulan Ramadhan akan dilipat gandakan.
Kelima, mengkaji dan mempelajari Al-Qur’an. Lebih baik lagi jika kita mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Sya’ban sehingga saat kita memasuki bulan Ramadhan kita bisa memulai tilawatul Al-Qur’an dari awal surat.
Keenam, shalat malam juga bisa menjadi bekal kita dalam menyambut bulan Ramadhan. Jika kita sudah terbiasa dalam melakukan shalat malam dapat membuat kita menjadi ringan dalam melaksanakan Shalat Tarawih di bulan Ramadhan.
Ketujuh, memperbanyak zikir, agar dalam melakukan berbagai aktifitas kita diberikan kemudahan oleh Allah SWT sepeti zikir ba’da shalah, zikir pagi dan petang hari, zikir menjelang tidur, memperbanyak istighfar di waktu sahur, dan selainnya.
Kedelapan, membiasakan diri melakukan hal-hal yang baik dn menjauhi perbuatan tercela. Usaha yang dapat kita lakukan adalah membaca kitab-kitab suluk yang berkaitan dengan akhlak.
   Inilah beberapa persiapan yang dapat dilakukan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi umat muslim. Selamat menjalankan puasa di bulan yang penuh berkah.    

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog